Kalibiru Wisata Alam di Kulonprogo

Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl

Dari puncaknya pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit, bahkan jika cuaca cerah nampak di kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Dari puncaknya juga, melihat ke arah timur terlihat hamparan dataran luas hingga nan jauh ke timur. Jika anda menginap malam, anda berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya

Kalibiru dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan, fasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond. Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 100 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat. Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox, di Kalibiru juga terdapat fasilitas permainan ini yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa.

Menara Pandang di Atas Pohon

wisata kalibiru jogjaObyek wisata Kalibiru menjadi begitu populer saat foto tempat ini muncul di akun instagram salah satu selebritis. Foto seseorang di atas menara pandang sebuah pohon dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Gara-gara foto tersebut Kalibiru pun menjadi tempat wisata yang naik daun. Menara pandang tersebut sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto wisatawan.

Berhubung lokasinya di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang tersebut harus naik tangga. Karena itu ada seorang penjaga yang akan membantu pengunjung. Demi kenyamanan bersama dan alasan keselamatan, tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Selain menara pandang di atas pohon, di Kalibiru juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dicapai dengan treking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dengan pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Saat pagi hari wisatawan bisa menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja pemandangan mentari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *